Tips Buat Anak Kost



Buat para anak kost admin punya beberapa tips nih...
Saya nulis artikel ini berdasarkan pengalaman selama ngekost gan, kita tahu hidup nge-kost itu tidak mudah gan(halah....), karena bagaimanapun juga lebih nyaman kampung halaman yang telah kita tinggali sejak lahir. Apalagi sampe ninggalin seseorang yang dicintai nan jauh disana, nyesek banget kan rasanya...hehe. Selama ngekost kita bener-bener harus hidup mandiri, siap mental hidup di daerah orang lain dengan karakter setiap 'kepala' yang berbeda pula.
Gausah panjang lebar pembukaannya gan, langsung saja:
  • Soal Keuangan
Saya rasa hal ini yang sering ada masalah pada seorang anak kost. Kita harus pinter-pinter ngatur keuangan kita, yang akan saya bahas tentang biaya makan dan kebutuhan pokok gan karena kebanyakan uang kita habiskan buat hal ini, berapa biaya yang agan butuhkan buat makan sehari? Strategi yang saya sarankan begini, sebaiknya agan ketika ngekost punya 2 'dompet' gan, siapkan sehari target Rp.12000(misalnya) pada 'dompet' pertama, buat makan tiga kali Rp.9000 saya sarankan buat beli nasi bungkus gan, biasanya porsi yang diberikan lebih banyak....hehe terus jangan ketergantungan pada camilan, hilangkan camilan dalam menu setiap kali makan, jangan sampai ada istilah "ga enak jika makan tanpa camilan" karena meskipun kelihatannya hanya uang receh tapi jadi boros jika terus-terusan beli camilan buat makan, lagipula juga tidak menambah kenyang gan....kembali ke uang Rp.9000 tadi, Rp12000-Rp9000=Rp.3000, sisanya agan simpen di 'dompet' yang kedua buat nanti kalo ada kebutuhan lain-lain gan, kebutuhan juga ga cuman makan aja toh...uang yang ada di'dompet' kedua ini hanya digunakan untuk membeli kebutuhan aja gan lagipula kebutuhan seperti sabun mandi, pasta gigi,detergen,dll tidak beli setiap hari kan, istilahnya uang cadangan...kenapa harus seperti itu? jawabannya supaya kita lebih bisa mengatur keuangan kita, setiap hari bisa secara 'utuh' ngeluarin duit Rp.12000 tapi sudah mencakup semua kebutuhan, hal ini sebaiknya dihitung setiap minggu gan, kalo di 'dompet' kedua tiap minggunya terdapat sisa, sisanya bisa dikembalikan ke 'dompet' yang pertama..begitu seterusnya.
Dan perlu strategi juga buat nyari warung makan yang memberikan  porsi yang banyak dan dengan harga murah gan..coba satu per satu warung makan yang ada terus pilih yang sesuai kriteria tadi..:D catat hal ini "ketika ngekost peraturannya 60% kuantitas 40% kualitas"..namun hal ini juga harus dipertimbangkan dengan situasi dan kondisi kita...misalnya ketika kita dalam kondisi kurang fit..kita beli makanan yang lebih bergizi seperti ayam, telur, ikan,dll dengan harga yang sedikit mahal tentunya...
  • Menjaga Kesehatan
Ini juga ga kalah penting gan..istirahat yang cukup, makan teratur, dan jangan lupa olahraga adalah kunci untuk menjaga kesehatan kita. Jangan sering-sering begadang tiap malam gan, begadang boleh saja asalkan ada artinya(terlalu :D), meskipun ada banyak tugas yang perlu dikerjakan tapi sebisa mungkin jangan dipaksakan sampai terlalu larut, kita harus pandai-pandai mengatur waktu agar tugas-tugas bisa selesai tepat waktu. Kalau kita sering menumpuk-numpuk tugas maka ujung-ujungnya harus 'keja lembur' dan bisa-bisa kesehatan kita ngedrop yang akhirnya malah tidak bisa ngerjain tugas kan.
Makan teratur setiap hari, makan 2 kali atau 3 kali sehari asalkan teratur tidaklah masalah gan dan perlu digaris bawahi, jangan menuruti rasa lapar perut kita,...dan sekali-kali tidak ada salahnya makan dengan menu 'istimewa'. Tiap hari Minggu misalnya kita beli bubur kacang ijo, lauk pauk, atau buah-buahan dengan sisa uang di 'dompet' kedua kita..hitung aja setiap hari kan Rp.3000 untuk 'dompet' kedua, kalo seminggu berarti Rp21000 buat kebutuhan lain-lain dipakai Rp11000 sisa Rp10000, bisa dapat buah sekilo kan gan....oh iya gan, lebih baik lagi kalo kita menyisihkan setiap hari Rp.1000 buat beli susu sachet, diminum setiap malam sebelum tidur buat membantu 'recovery' setelah bekerja seharian gan, dan saya rasa mendapatkan air hangat gratis buat minum susu bukanlah hal yang sulit :D
Ringkasnya canangkan Hari Minggu Sehat dengan menu makan 'istimewa', olahraga, dan manfaatkan liburan dengan istirahat yang cukup..hehe
  • Menghilangkan Kepenatan 
Kayaknya untuk yang satu ini butuh biaya lebih gan, namun biaya yang dikeluarkan harus sebisa mungkin benar-benar ada manfaatnya buat kita. Misalnya jalan-jalan ke Grosir Batik lihat-lihat apa beli batik 25ribuan..haha, (saya orang Magelang ngekost di Pekalongan gan ^^)..beli oleh-oleh buat orang di rumah kan malah berarti banget kan..bisa juga ngajak temen-temen kost main futsal, malah sekalian olahraga tuh. Yang tidak butuh biaya juga banyak gan, salah satunya mengikuti kegiatan sosial di daerah yang agan tempati, misalnya ikut kerja bakti paling ya tidak nyampai 2jam kan, hal ini juga bisa menambah keakraban antar sesama gan.

Ini aja gan, semoga membantu :D



Responses

2 Respones to "Tips Buat Anak Kost"

Tempat Wisata Medan mengatakan...

Tips yang sangat menarik sekali, khsusunya cara mengatur keuangan, anak kos memang harus hemat kalau gak, bisa-bisa pengeluaran bisa meledak gan,,,thanks gan untuk tipsnya dan salam sukses !!!


14 Oktober 2015 pukul 22.45
pasang iklan kost gratis mengatakan...

makasih gan tips nya :D


10 Mei 2016 pukul 23.53
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar

Categories

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors